Cara Menggunakan Tomat untuk Menghilangkan Jerawat

Cara Menggunakan Tomat untuk Menghilangkan Jerawat

Cara Menggunakan Tomat untuk Menghilangkan Jerawat – Anda memiliki Jerawat ? Bingung bagaimana cara menghilangkannya ?? Disini kami punya solusi untuk menghilangkan Jerawat yang anda alami.

Sebelumnya simak terlebih dahulu, Penjelasan mengenai Jerawat !!

Cara Menggunakan Tomat untuk Menghilangkan JerawatJerawat merupakan masalah umum yang sering dikeluhkan oleh semua orang. Terjadinya jerawat ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh seperti wajah, leher, punggung dan dada.

Bintik-bintik tersebut biasanya berkisar mulai dari ringan seperti komedo hitam dan komedo putih, hingga bintik-bintik parah yang berisi nanah dan kista. Biasanya bintik-bintik yang tergolong parah akan meninggalkan bekas luka.

Selain ditandai dengan munculnya bintik-bintik, jerawat juga ditandai dengan gejala lain seperti kulit berminyak dan terkadang akan menyebabkan kulit terasa panas dan sakit saat disentuh. Ada beberapa bagian tubuh yang biasa ditumbuhi dengan jerawat dan yang paling umum yaitu wajah.

Penyebab Jerawat

Jerawat bisa munculm pada usia berapa pun, namun perubahan kadar hormon pada masa puber juga dapat menyebabkan munculnya jerawat. Perubahan hormon ini berdampak kepada kelenjar minyak yang terletak dekat dengan folikel rambut di kulit.

Peningkatan aktivitas kelenjar minyak ini mengakibatkan produksi minyak pada wajah bertambah yang nantinya akan bergabung dengan kotoran dan sel kulit mati yang akan menyumbat pori-pori. Tersumbatnya pori-pori inilah yang akan menyebabkan bakteri Propionobacterium acnes berkembang dengan cepat.

Bakteri Propionobacterium acnes adalah bakteri yang menyebabkan munculnya jerawat. Bakteri ini akan melepaskan zat yang dapat mengiritasi kulit wajah dan akibatnya kulit menjadi memerah, bengkak dan menyebabkan timbulnya nanah dibalik kulit.

Selain itu, Jerawat juga dapat dipicu oleh hal lain seperti :

  • Stress.
  • Aktivitas seksual.
  • Makanan.
  • Jenis Kulit.
  • Keturunan.
  • Penggunaan kosmetik yang salah.
  • Telepon genggam.
  • Begadang dan kurang istirahat.
  • Buruknya kebersihan.

Jenis-Jenis Jerawat

Penting untuk anda ketahui jenis-jenis jerawat yang anda alami, hal ini karena kulit memiliki reaksi dan faktor penyebab yang berbeda-beda, begitu pula dengan cara pengobatan yang digunakan untuk menghilangkan jerawat.

Berikut jenis-jenis jerawat yang perlu anda ketahui antara lain :

  • Jerawat biasaCara Menggunakan Tomat untuk Menghilangkan Jerawat

Jerawat ini mudah dikenali karena bentuknya yang kecil dan berwana putih kemerahan. Jerawat ini timbul dikarenakan tersumbatnya pori-pori dan terinfeksi baktmeri propionibacterium acne. Bakteri ini hidup di daerah diprosuksinya asam lemak pada kantung kelenjar yang tersembunyi dibawah permukaan kulit atau sering juga disebut sebagai kelenjar sebaceous.

  • Jerawat Batu (Cystic Acne)

Cara Menggunakan Tomat untuk Menghilangkan JerawatJerawat ini memiliki ukuran yang lebih besar dari pada jerawat biasa. Jerawat batu berwarna lebih merah dan meradang. Jika terus dibiarkan, jerawat batu akan meninggalkan bekas yang susah dihilangkan. Jerawat ini disebabkan karena kelenjar minyak yang terlalu banyak dan pertumbuhan sel yang tidak normal. Jerawat batu tergolong jerawat yang parah.

  • KomedoCara Menggunakan Tomat untuk Menghilangkan Jerawat

Komedo disebabkan oleh sel-sel kulit matti dan sekresi kelenjar minyak yang berlebih. Komedo terbagi menjadi dua macam yakni komedo tertutup dan komedo terbuka. Komedo tertutup terlihat seperti tonjolan kecil berwarna putih. Sedangkan komedo terbuka terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam.

  • Jerawat Juvenil

Cara Menggunakan Tomat untuk Menghilangkan JerawatJerawat ini timbul pada masa pubertas umur 14-20 tahun. Penyebab jerawat ini yaitu masalah hormonal yang belum stabil dalam memproduksi minyak. Jerawat juvenil merupakan perkembangan dari hormon jadi mungkin harus di atasi dengan cara yang alami misalnya dengan menggunakan sabun wajah yang memiliki PH seimbang atau sabun bayi transculent.

  • Jerawat Vulgaris

Cara Menggunakan Tomat untuk Menghilangkan JerawatJerawat vulgaris merupakan semacam kelainan kulit yang ditandai dengan erupsi komedo terbuka, komedo tertutup maupun jerawat yang diikuti dengan kulit kemerahan serta bersisik. Jerawat ini biasanya timbul pada masa remaja dan umunya berlanjut sampai pada masa dewasa. Jerawat ini bisa disebabkan karena kelebihan minyak, perubahan hormonal, produk kosmetik serta kulit mati yang tidak lepas secara semestinya.

  • Jerawat Rosacea

Cara Menggunakan Tomat untuk Menghilangkan JerawatJerawat ini biasanya timbul pada wanita yang berusia 30-50 tahun. Pada mulanya, jerawat ini akan tampak kemerahan yang dapat menimbulkan peradangan sehingga bisa menimbulkan sisik pada lipatan hidung. Jerawat ini membutuhkan perawatan dari dokter kulit, biasanya berupa penguapan, kompres air panas atau dengan penyinaran menggunakan sinar infra merah untuk pengeringan jerawat.

  • Jerawat NitrosicaCara Menggunakan Tomat untuk Menghilangkan Jerawat

Jerawat jenis ini harus diwaspadai karena yang jika dibiarkan akan menyebabkan lubang pada kulit wajah. Untuk mengatasi jerawat ini harus dengan bantuan dokter kulit. Teknologi kecantikan seperti mikrodermabrasi, teknologi laser, dan perawatan kecantikan lainnya dapat membantu untuk menghilangkan jenis jerawat ini.

  • Jerawat Whiteheads (Komedo tertutup)

Cara Menggunakan Tomat untuk Menghilangkan JerawatJerawat ini tampak seperti benjolan kecil dengan warna putih dan berada di bawah permukaan kulit. Whiteheads ini terjadi karena sumbatan pada pori yang disebabkan oleh kulit mati, kotoran, bakteri atau minyak berlebih. Walau terlihat memiliki isi berwarna putih, jerawat ini tak bisa dikeluarkan karena tidak memiliki ‘mata’.

  • Jerawat NodulaCara Menggunakan Tomat untuk Menghilangkan Jerawat

Jerawat ini memiliki ukuran besar, memerah, dan terus bertahan hingga berbulan-bulan. Kondisi ini terjadi jika ada peradangan yang tak hanya terjadi di permukaan namun juga di lapisan dalam kulit. # Cara Menggunakan Tomat untuk Menghilangkan Jerawat

  • Jerawat Papula

Cara Menggunakan Tomat untuk Menghilangkan JerawatJenis jerawat ini muncul pada permukaan kulit dengan bentuk benjolan kecil dan berwarna merah muda. Papula terjadi saat jerawat jenis komedo tidak diobati hingga akhirnya dinding kelenjar yang terinfeksi meletus dan menyebabkan percampuran sebum serta bakteri.

  • Jerawat PustulaCara Menggunakan Tomat untuk Menghilangkan Jerawat

Jerawat jenis ini biasanya memiliki benjolan yang serupa dengan papula namun di bagian puncaknya terdapat titik putih berupa nanah. Biasanya jenis jerawat ini akan terasa sakit bila disentuh.

  • Jerawat Blackheads (komedo terbuka)

Cara Menggunakan Tomat untuk Menghilangkan JerawatJerawat ini muncul pada permukaan kulit dan berwarna hitam. Hal ini disebabkan oleh tersumbatnya pori karena minyak berlebih, sel kulit mati atau bakteri. Saat kotoran yang menyumbat pori naik ke atas permukaan kulit, terjadilah proses oksidasi sehingga timbul bintik hitam.

Cara Mengatasi Jerawat

Kali ini kami akan memberikan informasi kepada anda untuk menghilangkan Jerawat dengan tomat yang mampu menghilangkan jerawat secara alami. # Cara Menggunakan Tomat untuk Menghilangkan JerawatCara Menggunakan Tomat untuk Menghilangkan Jerawat

Tomat adalah sejenis sayuran yang memiliki banyak fungsi terutama dibidang kesehatan dan kecantikan kulit. Buah yang berwarna merah saat matang ini sudah lama dipercaya mampu menghilangkan bekas jerawat yang terdapat pada wajah.

Cara Menggunakan Tomat untuk Menghilangkan Jerawat ini bisa meninggalkan bekas jerawat. Namun bekas jerawat ini tidak bersifat permanen pada kulit. Hanya saja untuk menyembuhkan dan menghilangkannya dari kulit memerlukan waktu yang cukup lama. Asalkan Anda rajin maka bekas jerawat tersebut dapat hilang dari wajah secara perlahan. Berikut kandungan-kandungan yang terdapat didalam tomat yaitu :

  • Tomat Mengantung Likopen

Likopen merupakan sebuah zat khusus yang ditemukan pada tomat. Likopen sendiri adalah sebuah zat antioksidan yang memberikan warna merah pada tomat. Likopen dipercaya memberikan manfaat yang sangat besar untuk tubuh seperti sistem kekebalan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat likopen untuk kesehatan kulit :

  • Likopen berperan untuk meningkatkan perlindungan alami pada kulit dari efek sinar UVA dan UVB yang berasal dari sinar matahari.
  • Likopen akan mendukung proses regenerasi sel kulit yang mati dan memberikan perlindungan kulit secara sempurna.
  • Likopen juga membantu produksi kolagen yang akan membuat kulit menjadi lebih cerah dan tampak lebih alami.

Baca Juga : Banyaknya Penyebab Jerawat Yang Penting Diketahui

  • Tomat Mengandung Zat Antiinflamasi

Tomat adalah salah satu buah yang mengandung antiinflamasi alami. zat ini berfungsi untuk mengurangi peradangan dan bersifat menyembuhkan luka. Tomat juga bisa memberikan penyembuhan alami pada jerawat karena kandungan zat antiinflamasi.

  • Tomat Mengurangi Kandungan Minyak

Kulit berminyak adalah salah satu masalah penyebab jerawat yang paling sering ditemukan. Tomat bisa dijadikan bahan alami yang mengurangi produksi minyak pada kelenjar yang berlebihan. Tomat mengandung bahan atau zat khusus yang bisa mencegah produksi minyak sehingga efektif untuk mengurangi jerawat.

  • Tomat Mengurangi Ukuran Pori-Pori Kulit

Pori-pori kulit yang terlalu besar akan membuat kulit menjadi lebih mudah kotor dan bisa menyebabkan jerawat dari tumpukan debu dan zat kotor lain. Tomat akan membantu mengecilkan ukuran pori-pori karena mengandung zat alami yang bisa membuat kulit lebih elastis. Jika Anda ingin mendapatkan ukuran pori-pori yang lebih baik maka gunakan tomat secara teratur.

  • Tomat Mengandung Vitamin A, C, dan K

Tomat mengandung vitamin A yang bisa meremajakan kesehatan kulit, tomat juga mengandung vitamin C yang bisa membentuk produksi kolagen, membuat kulit menjadi lebih elastis, serta vitamin K yang bermanfaat untuk menyembuhkan bekas merah pada kulit atau jerawat dan memudarkan warna merah kembali menjadi warna kulit yang asli.

Berikut Cara Menggunakan Tomat untuk Menghilangkan Jerawat yang bisa anda lakukan dirumah yaitu :

  • Menggosokkan Tomat Langsung di Wajah

Cara menghilangkan jerawat dengan tomat yang paling mudah adalah dengan menempelkan langsung di wajah yang berjerawat. Anda hanya cukup memotong tomat menjadi dua bagian, kemudian gosokkan bagian dalam tomat pada wajah yang bermasalah.

Setelah isi tomat menempel di wajah, gunakan jari-jari tangan Anda untuk melakukan pijatan lembut agar cairan lebih meresap ke kulit wajah. Lakukan pijatan tersebut selama beberapa detik. Jika sudah merata, basuhlah dengan air hangat. Lakukan hal ini sekali tiap hari secara rutin dan lihat hasilnya setelah satu minggu.

  • Menggunakan Masker dari kulit tomat

Jika Anda memiliki jerawat yang banyak dan rata maka Anda bisa memakai cara ini. Langkah pemakaiannya seperti dibawah ini:

  1. Cuci bersih satu buah tomat yang sudah matang segar.
  2. Kupas bagian ujung tomat yang berhubungan dengan tangkai.
  3. Rendam tomat dalam air hangat selama sekitar 5 menit.
  4. Kupas kulit tomat yang tipis dan tempelkan pada seluruh bagian wajah. Biarkan selama beberapa menit hingga kulit tomat kering dan lepas dari kulit wajah.
  5. Manfaatkan bagian gel tomat menjadi masker tomat. Hancukan semua bahan dan terapkan pada wajah.
  6. Biarkan semua bagian masker kering. Anda bisa melakukan proses ini selama lebih dari 30 menit.
  7. Setelah kering dan bersih maka lap wajah dengan handuk hangat dan terapkan dengan pelembab yang sesuai dengan tipe wajah Anda.

Baca juga : Cara Yang Dapat Anda Lakukan Untuk Mengatasi Kerutan Pada Wajah

  • Menggunakan Campuran Tomat dan Madu

Cara lain yang juga akan sangat ampuh untuk memanfaat tomat untuk menghilangkan bekas jerawat adalah dengan mencampurnya dengan madu. Cara menghilangkan bekas jerawat dengan madu memang sudah populer di kalangan masyarakat luas. Langkah-langkah menggunakan campuran tomat dan madu untuk bekas jerawat yaitu :

  1. Siapkan 1 buah tomat dan taruh tomat tersebut ke dalam blender. Setelah itu, segera blender tomat tersebut hingga tomat memiliki struktur yang layak untuk dijadikan sebagai masker.
  2. Campurkan 2 sendok teh madu murni ke dalam masker tomat yang telah anda buat tadi, kemudian aduk hingga campuran tersebut merata.
  3. Oleskan campuran tomat dan madu ke area kulit yang terdapat bekas jerawat dengan gerakan memijit dan memutar.
  4. Biarkan campuran tersebut meresap di kulit anda selama sekitar 15 hingga 20 menit.
  5. Segera bilas kulit anda dengan menggunakan air bersih. Untuk hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan campuran tomat dan madu ini sehari sekali secara rutin.

Itulah beberapa tips Cara Menggunakan Tomat untuk Menghilangkan Jerawat yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan Jerawat dirumah. Untuk memudahkan pemakaian, gunakan tomat yang berukuran besar. Selain itu gunakan tomat segar karena tidak mengandung bahan tambahan. Supaya mendapatkan hasil yang lebih baik.

Apabila jerawat semakin parah segera konsultasikan ke dokter untuk mengatasi jerawat tersebut !

~~~Terima Kasih Telah Berkunjung Dan Salam Sehat ~~~

By. Cara Menggunakan Tomat untuk Menghilangkan Jerawat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *